Rabu, 20 Maret 2013

Komitmen pada F.Psikologi


Komitmen membuat manusia bertanggungjawab terhadap dirinya maupun orang lain, Komitmen juga yang membawa manusia pada perubahan. Perubahan dari manusia lama menuju manusia baru.

Bersamaan dengan ketidakhadiran saya pada acara Dies Natalis USU yang ke 60 pada tanggal 21 Oktober  2013, saya minta maaf atas ketidakbertanggungjawaban ini. Dikarenakan kondisi orangtua saya yang kurang sehat, saya tidak dapat meninggalkan beliau belum lagi ayah saya yang berada di luar kota. Namun, terlepas dari alasan tersebut. Ini merupakan kelalaian saya yang tidak memberitahukan ketidakhadiran saya kepada komting atau teman saya lewat telepon/pesan singkat. Untuk itu saya bersedia menerima sanksi apapun yang akan diberikan oleh kemahasiswaan. Dan saya berkomitmen kepada Fakultas Psikologi USU, untuk lebih bertanggungjawab terhadap diri sendiri maupun terhadap fakultas. Dimana saya sudah melanggar kewajiban saya sebagai mahasiswa unutk peka terhadap kepentingan fakultas. Ini merupakan pembelajaran bagi saya untuk dapat memimpin diri sendiri, serta bijak dalam mengambil sebuah tindakan.

            Setiap kejadian yang terjadi pada masa lalu, akan menjadi intropeksi diri bagi saya, dan memperbaiki diri dari tindakan yang tidak baik di masa lalu. Setelah mengadakan pelatihan di Kampung Stakoetoe, pada tanggal 10 Maret dan 12 Maret, banyak pelajaran yang dapat saya petik dari setiap games yang ada. Serta saya dapat mendekatkan diri kepada alam sekitar. Permainan terdiri dari 3 elemen yaitu : udara, air, tanah. Dan kami dibagi dalam beberapa kelompok. Walaupun sangat sukar untuk menyatukan ide dan tindakan, namun kami dapat menyelesaikannya. Melatih diri unutk bersabar, mengambil tindakan, berkonsentrasi, menyusun strategi, pembagian tugas, dan masih banyak lagi pelajaran yang saya dapat. Itu merupakan pelatihan kepemimpinan pada tahap pertama (outbond). Pada tahap kedua yaitu berlangsung di indoor tepatnya di Fakultas Psikologi ruang 3A dan 3B.

Pada pelatihan tahap ini kami lebih diajarkan bagaimana cara untuk menyusun suatu rencana, salah satu materinya yaitu Manajemen Administrasi yaitu S.M.A.R.T (Spesific.Measureable.Attainable.Relevance.TimeTable). Dimana spesific mengarah penguraia secara detail (per bagian), Measureable yaitu dapat diukur, Attainable (dapat diukur), Relevance yang dominan kepada kesesuaian konteks, dan terakhir Time Table ( yang menandakan adanya rentang waktu)  serta banyak lagi materi yang saya pelajari (Manajemen Konflik ini merupakan bagaimana cara kita untuk menanggapi suatu persoalan yang dihadapkan kepada kita, serta bagaimana cara kita mengambil tindakan unutk dapat menyelesaikannya, Komunikasi Efektif yang mengarah pada bagaimana cara kita untuk berkomunikasi secara efektif, terkadang kita sebagai mahasiswa ini ingin sekali berpartisipasi dalam suatu kelompok ataupun ingin sekali dapat memberi ide ditengah-tengah kelompok. Namun, yang selalu menjadi masalah bagi kita adalah adanya rasa TAKUT SALAH. Ini selalu melanda setiap angkatan mahasiswa, khusus mata-mata kuliah yang aktif dalam presentasi seperti Psikologi. disini kita diajarkan untuk lebih percaya diri. Yang paling saya ingat dalam seminar pada tanggal 12 Maret yang silam adalah Learn, Practise, Evaluation. Jangan pernah bosan untuk selalu belajar, karena dengan belajar kita dilatih untuk mengerti dan memahami dan mengadakan evaluasi jika kita kurang pada sesuatu yang telah kita pelajari tersebut)

            Dengan pertimbangan itu, saya menyatakan untuk lebih peka terhadap kewajiban saya sebagai mahasiswa USU, khususnya mahasiswa Fakultas Psikologi. Sekali lagi, saya minta maaf atas kelalaian dan ketidakbertanggungjawaban saya. Untuk kedepannya saya lebih peka lagi terhadap diri saya dan terhadap kepentingan kampus USU.

Hanya ini yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan kata dan perbuatan. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar